Image of Sistem informasi akuntansi : dengan pengenalan sistem informasi akuntansi syariah

Text

Sistem informasi akuntansi : dengan pengenalan sistem informasi akuntansi syariah



Buku ini didesain untuk tujuan pembelajaran klasikal dan praktikal. Untuk tujuan pembelajaran dimaksudkan, buku ini siap untuk digunakan sebagai buku ajar dan buku teks bagi mata kuliah SIA di Fakultas Ekonomi dan/atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya jurusan Akuntansi dan juga sesuai untuk mata kuliah yang sama atau mata kuliah Sistem Informasi di Sekolah Tinggi atau Akademi Informasi dan Komputer. Untuk tujuan praktikal, buku ini disiapkan bagi para petugas dan karyawan di bagian akuntansi, pembukuan dan keuangan yang ingin memperdalam ilmu akuntansinya sebagai bagian dari system informasi yang ada dalam perusahaan.

Buku ini, seperti buku teks SIA lainnya juga melingkupi kajian SIA pada umumnya. Bab-bab mengenai Akuntansi dan siklusnya, Sistem Informasi Akuntansi, Daftar dan Kode Akun, Media input dan Formulir, Pedoman Penjurnalan, Prosedur Transaksi, Media Pembukuan dan Laporan Keuangan. Sebagai tambahan yang bersifat praktikal khususnya bagi programmer dan system analyst, buku ini menambahkan dua (2) bab yaitu, tentang: Merancang dan Mengimplementasi SIA serta Mengembangkan SIA. Dan buku ini dilengkapi juga dengan Sistem Informasi Akuntansi Syariah.

Buku ini mendorongkan adanya kelas pembelajaran berbasis PBL (Problem Based Learning) dan SCL (Student Centered Learning) dan buku ini juga memberikan contoh-contoh yang terjadi di SIA industri Real-estat dan Rumah sakit, untuk itu dilampirkan kode akun (chart of account) dari perusahaan Real-estat dan Rumah sakit. Dengan beranalogi dari dua (2) industri tersebut, pembaca bisa mendesain sendiri kode akun untuk perusahaannya masing-masing dengan memperhatikan kekhususan atau karakteristik bisnisnya.

Buku ini juga dilengkapi Jawaban atas Pertanyaan yang tersaji dalam setiap bab. Jawaban tersebut dimaksudkan sebagai pemandu atau arah atas jawaban yang penulis inginkan untuk bisa dijawab oleh mahasiswa atau pembaca. Sebagai pemandu maka jawaban tersebut bersifat tentatif, artinya mahasiswa atau pembaca boleh menjawab selain jawaban yang disediakan penulis.

Buku ini juga dilengkapi dengan bahan tayang (slide) dalam bentuk power-point presentation (ppt) untuk setiap bab. Penyediaan bahan tayang ini diharapkan dapat membantu dosen, fasilitator, atau mahasiswa pada saat membahas setiap bab dalam buku ini. Bahan tayang ini juga bersifat sebagai pemandu. Artinya dosen, fasilitator, mahasiswa atau siapapun yang menggunakan bahan tayang ini bisa memodifikasi (menambah atau mengurangi) tanpa bermaksud merubah maksud.


Ketersediaan

UPN221255657.028 5 ANN sMy Library (RAK KPS)Tersedia
UPN221256657.028 5 ANN sMy Library (RAK H)Tersedia
UPN221257657.028 5 ANN sMy Library (RAK H)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
657.028 5 ANN s
Penerbit Rajawali Pers : Depok.,
Deskripsi Fisik
xviii, 240 hlm.: 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232311022
Klasifikasi
657.028 5
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya