Image of Psikologi sebagai akar ilmu komunikasi

Text

Psikologi sebagai akar ilmu komunikasi



Buku ini merupakan buku kedua dari 8 (delapan) judul seri pohon komunikasi, sekaligus sebagi salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (delapan) landasan yang akan disajikan (filsafat, psikologi, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, biologi, fisika, dan matematika).

Psikologi dipilh sebagai akar ilmu sekaligus landasan ilmiah komunikasi kedua karena psikologi merupakan ilmu yang mengkaji peristiwa mentak dan behavior manusia, yang dalam tatanan komunikasi, dikenal dengan komunikasi intrapersonal (komunikasi dalam diri). Ilmu psikologi dikaji untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terjadi dalam diri manusia yang tidak dapat dilihat oleh orang lain (tidak kasat mata).

Komunukasi interpersonal adalah bentuk komunikasi dasar yang terjadi pada diri manusia. Karenanya, ini memerlukan kajian yang sangat komprehensif, disesuaikan dengan aliran-aliran psikologi - psikoanalisis, psikokognitif, behaviorisme, humanistik, dan transpersonal (spiritual) yang sudah berkembang hingga saat ini. Buku ini mengkaji aliran-aliran tersebut dengan singkat, padat, dan jelas. Diakhiri dengan psikologi dalam perspektif agama (islam).

Buku ini merupakan buah pemikiran penulis selama bertahun-tahun meberi kuliah dalam bidang ilmu komunikasi di universitas padjadjaran, khususnya mata kuliah landasan ilmiah komunikasi untuk program S2 dan S3, yang baru dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Ini menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga bagi penulis untuk terus mengeksplolrasi ilmu agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Semangat itu pula yang ingin penulis tularkan kepada pembaca, terutama mahasiswa ilmu komunikasi, dengan terus mengkaji ilmu secara holistik (tidak parsial) untuk menumbuhkan pola pikir yang filsafatis dan agamis.


Ketersediaan

UPN220064150 NIN pMy Library (RAK KPS)Tersedia
UPN220065150 NIN pMy Library (RAK B)Tersedia
UPN220066150 NIN pMy Library (RAK B)Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2023-03-22)

Informasi Detil

Judul Seri
Seri pohon komunikasi
No. Panggil
150 NIN p
Penerbit Simbiosa Rekatama Media : Bandung.,
Deskripsi Fisik
viii, 184 hlm.: 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789793782775
Klasifikasi
150
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya