Image of Merajut harmoni, membangun bangsa : memahami konflik dalam masyarakat Indonesia

Text

Merajut harmoni, membangun bangsa : memahami konflik dalam masyarakat Indonesia



Berbagai konflik pernah terjadi di wilayah Indonesia. Ada konflik yang berlatar belakang primordial, ada yang berakar pada persaingan ideologi dan kekuasaan, dan ada pula yang dilandasi oleh sentimen status sosial ekonomi. Konflik sejatinya memang tidak pernah hilang dalam kehidupan manusia, dan bahkan dalam momen tertentu konflik ini diperlukan terjadi, karena dibutuhkan untuk mendinamisir kompetisi dalam masyarakat. Dengan adanya konflik masing-masing pihak dipaksa untuk mendengar dan memahami beragam kepentingan yang ada di dalam komunitasnya. Karenanya dalam batas-batas tertentu konflik juga mendorong kemajuan.

Meski demikian, konflik-konflik yang terjadi selama ini secara jelas telah menyebabkan kerugian besar, baik moril maupun materil, karena konflik tersebut telah diikuti oleh benturan fisik yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa, sehingga menimbulkan trauma dalam masyarakat. Kerap terjadi transformasi dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik, maupun budaya, menjadi lebih buruk dibanding sebelum terjadinya konflik. Selain itu, konflik yang berkepanjangan juga berpotensi besar merusak persatuan atau soliditas bangsa. Persaudaraan sebagai anak bangsa Indonesia menjadi goyah akibat konflik-konflik yang terjadi.

Dengan memahami berbagai penyebab konflik dan bagaimana hal itu diselesaikan, kita bisa belajar untuk membangun bangsa ini dengan merajut harmoni dalam kehidupan berbagai kelompok yang ada, karena pembangunan memerlukan ketenangan dan foKus pada pemajuan berbagai aspek kehidupan bangsa. Dengan memahami madhorot yang ditimbulkan konflik diharapkan perbedaan kepentingan bisa diselesaikan dengan damai dan semua pihak bisa saling memahami perbedaan dan menahan diri dari berkonflik.


Ketersediaan

UPN235079303.6 MERMy Library (RAK KPS)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
303.6 MER
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 246 hlm. ; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233210898
Klasifikasi
303.6
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya