No image available for this title

Abstrak Disertasi

Pengaruh lingkungan bisnis dan orientasi kewirausahaan terhadap strategi bisnis, dampaknya terhadap keunggulan bersaing serta implikasinya terhadap kinerja bisnis (studi pada bisnis pendidikan nonformal di DKI Jakarta)



Pengaruh lingkungan bisnis dan orientasi kewirausahaan terhadap strategi bisnis, dampaknya terhadap keunggulan bersaing serta implikasinya terhadap kinerja bisnis
(studi pada bisnis pendidikan nonformal di DKI Jakarta)

Miguna Astuti

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan memperoleh temuan kondisi nyata serta menguji model hubungan terkait lingkungan bisnis, orientasi kewirausahaan, strategi bisnis, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis usaha pendidikan nonformal berskala kecil dan menengah di DKI Jakarta agar dapat menjelaskan fenomena dan memprediksi permasalahan.

Penelitian dilakukan terhadap usaha pendidikan nonformal di DKI Jakarta yang terdata pada DITJEN PAUD-DIKMAS dengan jumlah sampel sebanyak 208 responden dan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model.
Temuan menunjukkan bahwa secara umum pertimbangan akan lingkungan bisnis, orientasi kewirausahaan, strategi bisnis, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis usaha pendidikan nonformal skala kecil dan menengah di DKI Jakarta dinilai rendah.

Orientasi kewirausahaan dan lingkungan bisnis menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap strategi bisnis, demikian pula terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Keunggulan bersaing menunjukkan pengaruh tertinggi terhadap peningkatan kinerja bisnis sedangkan lingkungan bisnis menunjukkan pengaruh tertinggi terhadap strategi bisnis dan keunggulan bersaing usaha pendidikan non formal.

Pengaruh tidak langsung lingkungan bisnis dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis usaha pendidikan nonformal signifikan positif, namun dengan nilai yang lebih rendah dibanding pengaruh langsung.
Penelitian ini menemukan sebuah model yang belum ditemukan pada penelitian sebelumnya yaitu, pertimbangan yang kuat terkait lingkungan bisnis dan orientasi kewirausahaan dapat meningkatkan keefektifan pemilihan dan penerapan strategi bisnis sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing untuk mewujudkan pencapaian kinerja bisnis yang tinggi dari usaha pendidikan nonformal skala kecil dan menengah.

Kata Kunci: lingkungan bisnis, orientasi kewirausahaan, strategi bisnis, keunggulan bersaing, kinerja bisnis, usaha pendidikan nonformal, DKI Jakarta.


Ketersediaan

120130110522120130110522My Library (Rak DS)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DS120130110522
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAD : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya