Image of Perumusan ketentuan pidana dalam hukum pidana administratif : telaah kritis implikasi perumusan ketentuan pidana dalam undang-undang administratif di bidang lingkungan hidup terhadap pertanggungjawaban pidana korporasi

Text

Perumusan ketentuan pidana dalam hukum pidana administratif : telaah kritis implikasi perumusan ketentuan pidana dalam undang-undang administratif di bidang lingkungan hidup terhadap pertanggungjawaban pidana korporasi



Masalah lingkungan hidup terutama di negara-negara berkembang sering menghadapi masalah penegakan hukum yang serius. Bahkan dalam kenyataan pelestarian lingkungan hidup di beberapa negara maju seperti AS, dan beberapa negara anggota Uni Eropa, Cina, dan negara Federal Rusia, belum menunjukkan perkembangan yang positif. Bahkan banyak terjadi pencemaran dan perusakan ekologi baik dalam bidang penambangan migas dan batubara.

Kebijakan hukum pidana dalam perundang-undangan pidana Indonesia yang mengakui korporasi sebagai subjek hukum pidana dan pertanggungjawaban pidana masih menyisakan berbagai persoalan dalam hukum pidana. Hal ini bukan hanya dalam tataran teoretis, tetapi lebih jauh lagi dalam praktik peradilan pidana. Persoalan ini merupakan masalah kebijakan hukum pidana ketika merumuskan ketentuan pidana dalam perundang-undangan administratif di bidang lingkungan hidup terhadap pertanggungjawaban pidana korporasi. Dikatakan demikian, sebab perumusan ketentuan pidana merupakan tahap awal yang sangat strategis dari proses penegakan hukum “in abstracto”, sedangkan tahap kedua dan ketiga merupakan tahap penegakan hukum “in concreto”.

Buku mengenai masalah hukum dalam bidang lingkungan hidup ini merupakan hasil penelitian disertasi dilengkapi dengan studi kasus korporasi yang terlibat masalah pelanggaran peraturan perundang-undangan mengenai lingkungan hidup di beberapa daerah di Indonesia. Buku ini juga mengkaji masalah hukum di dalam pengelolaan, perlindungan, dan penegakan hukum di dalam masalah lingkungan hidup yang bermanfaat bagi pembentukan hukum masa depan dalam bidang lingkungan hidup.


Ketersediaan

UPN221099345 SEP pMy Library (RAK KPS)Tersedia
UPN221100345 SEP pMy Library (RAK D)Tersedia
UPN221101345 SEP pMy Library (RAK D)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
345 SEP p
Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxiv, 273 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232187955
Klasifikasi
345
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1 [cet.1]
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya