Image of Buku ajar hukum adat

Text

Buku ajar hukum adat



Hukum adat dikatakan sebagai the living law karena hukum adat berlaku di masyarakat, dilaksanakan dan ditaati oleh rakyat tanpa harus melalui prosedur pengundangan dalam lembaran negara. Hukum adat yang hidup, tumbuh, dan berkembang di Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman, yang bersifat luwes, fleksibel sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Buku ini merupakan bagian dari usaha untuk menulis suatu naskah yang lebih mengembangkan pokok-pokok hukum adat yang merupakan materi dari matakuliah Hukum Adat yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Hukum. Karena dirasakan perlu untuk membantu mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar, disusunlah buku ini dengan tambahan materi dari literatur pembanding. Buku ini membahas mengenai konsep dasar hukum adat, sistem hukum adat, dasar berlakunya hukum adat, persekutuan dan tata susunan hukum adat, hukum tanah adat, subyektum yuris, sistem kekerabatan, hukum perkawinan adat dan hukum waris adat serta penyelesaiannya.

Buku ini digunakan terutama bagi para mahasiswa hukum yang harus mempelajari hukum adat sebagai salah satu subjek yang terdapat di dalam kurikulum Fakultas Hukum di seluruh universitas di Indonesia. Namun demikian, kalangan-kalangan lain juga dapat memanfaatkan buku ini, untuk mengetahui hukum adat Indonesia di dalam garis besarnya.


Ketersediaan

UPN221633340.57 SRI bMy Library (RAK KPS)Tersedia
UPN221634340.57 SRI bMy Library (RAK D)Tersedia
UPN221635340.57 SRI bMy Library (RAK D)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
340.57 SRI b
Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
ix, 151 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024227289
Klasifikasi
340.57
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1 [cet.3]
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya